Sabtu, 18 September 2010

MERANGSANG KOMUNITAS BISNIS DENGAN JIWA WIRAUSAHA

Saat ini adalah zamannya ekonomi berbasis kewirausahaan (enterpreneurship). Meski sebelumnya, menjadi enterpreneur kelas mikro / kecil bukanlah kebanggaan, tetapi setelah era konglomerasi tumbang dan terbukti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mampu bertahan - bahkan banyak diantaranya justru tumbuh - sektor inilah yang oleh banyak kalangan termasuk pemerintah justru menjadi tumpuan pemulihan ekonomi negeri ini.
Belangkangan bahkan muncul fenomena mengesankan, banyak kalangan muda usia tampak lebih menyukai membangun usaha sendiri kendati kecil daripada menjadi profesional di perusahaan besar milik orang lain. Hal demikian pasti akan memberi dampak positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia, paling tidak dengan kondisi angka pengangguran yang tinggi ini kehadiran para pengusaha muda tersebut mampu memberikan lapangan pekerjaan.
Sekalipun persoalan pokok kewirausahaan juga belum tersentuh secara optimal, baik disadari oleh pemerintah maupun pelaku usahanya sendiri. Persoalan tersebut adalah masalah MENTAL! Menunggu peran pemerintah untuk bergerak menyentuh pembangkitan mental kewirausahaan rasanya lama sekali.
Berangkat dari kegelisahan yang sama guna merangsang bisnis berjiwa wirausaha, kumpulan beberapa usaha yang kebetulan semua bisnisnya masih menginduk di rumah ini menyatu dalam visi Jaringan "RumahUSAHA". Jaringan yang tiap waktu bertambah jumlah anggotanya ini adalah bukan sebagai lembaga komersial tapi sekaligus juga bukan lembaga swadaya masyarakat yang tujuan pendiriannya di bawah maksud-maksud politik tertentu. Tujuan pendiriannya murni 100% untuk pembangkitan kesadaran jiwa kewirausahaan untuk usaha siapapun, baik usaha kecil, mikro maupun kelas gurem!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar